24 Juni 2013

Cara mematikan AHO NVL,Pasang Saklar Old Vixion Di NVL

mematikan AHO NVL


Cara mematikan AHO NVL,Pasang Saklar Old Vixion Di NVL - Sudah lama artikel ini ditunggu sekarang kang ari tongolin juga.Buat pecinta NVL monggo disimak.

Sistem lampu utama atau lampu depan di New Vixion sekarang pakai arus AC beda dengan old vixion yang pakai arus DC,Yang pasti punya kekurangan dan kelebihan masing2. Sekarang kita bahas saklar dulu,untuk matiin aho di nvl dengan cara aman bisa adopsi pakai saklar old vixion,sistem ini tanpa ada pemotongankabel di kabel body sehingga aman untuk dipakai jangka panjang.Saklar yang digunakan adalah saklar sebelah kiri,karena nvl pakai arus AC sedangkan old vixion DC maka warna kabel di saklar ada yang beda oleh karena itu kabel di saklar old vixion harus menyesuaiakan dengan kondisi warna kabel di new vixion lightningl.

mematikan AHO NVL


Langkah pertama,kang bro musti nebus saklar old vixion 130 ribu, kang ari sarankan pakai part asli yamaha demi keamanan karena part palsu mudah rusak dan konslet.Setelah mendapatkan saklarnya kemudian lepas saklar bawaan new vixion lightning, setelah terlepas coba bandingkan warna kabelnya…pasti ada yang beda. Soket sama,ada 3 soket yaitu 2 soket yang di dalam batok lampu dan 2 soket nyambung di switch kopling, yang harus kita rubah adalah kabel soket yang di dalam batok lampu,lihat gambar dibawah.
mematikan AHO NVL


Sebelum saklar old vixion dipasang,kabel2 yang akan kita sambungkan di dua soket didalam batok lampu kabelnya kita lepas(pretelin) dari soket,lihat gambar dibawah.
saklar old vixion dipasang


Caranya sebagai berikut,siapkan obeng men(-) kecil atau obeng yang biasa buat service tukang jam (lihat gambar).
saklar old vixion dipasang


Kemudian kabel didalam soket ada kaki/kuncian kabel yang ditekuk,kaki yang ditekuk tersebut kita luruskan agar kabel bisa kita tarik keluar dari soket.Ingat…! ada 2 soket yang kita pretelin yaitu soket yang isinya ada 6 kabel dan soket dengan 2 kabel yang akan disambung didalam batok lampu.lihat gambar dan kang ari siapkan videonya biar lebih jelas.

saklar old vixion dipasang



Setelah semua kabel sudah terlepas dari soket ( ada dua soket ya…) maka langkah selanjutnya mengembalikan kondisi kaki/kuncian kabel seperti semula (kaki/kuncian tertekuk) fungsinya agar kabel tidak terlepas dari soket saat kabel kita masukkan lagi ke soket, total ada 8 kabel ya…. Lihat gambar dibawah, kang ari juga siapkan videonya,

saklar old vixion dipasang



jika kedelapan kabel sudah dinormalkan kakinya, maka langkah selanjutnya merakit kabel tersebut sesuai warna kabel yang menempel disoket kabel body, kang ari sudah siapkan diagram kabelnya yang ada di soket kabel body dan soket saklar old vixion.

Sebelum baca diagram, kang ari jelaskan dulu cara merangkai kabelnya, langkah pertama soket yang sudah kosong dipasangkan ke soket di kabel body, lihat gambar,
mematikan AHO NVL


Setelah soket kosong kita pasangkan ke soket kabel body, lanjut kita rakit kabel sesuai warna yang ada di soket kabel body.Kabel warna pink ketemu kabel warna pink,kabel warna hijau ketemu kabel warna hijau pula,begitu juga dengan kabel yang lain,tapi ada kabel yang warnanya beda…kang ari sudah siapkan diagramnya agar tidak salah mencocokkan antara kabel di soket kabel body dengan kabel di saklar old vixion.Cara merakitnya dulu ya…lihat gambar dan videonya,

saklar old vixion di nvl

saklar old vixion di nvl



Pada langkah gambar diatas,kabel dimasukkan ke dalam soket sesuai warna kabel di soket kabel body,jangan lupa ada dua soket yang dirangkai ya…! Agar tidak salah merankai kabelnya,kang ari siapkan diagramnya,
DIAGRAM KABEL SAKLAR NVL
DIAGRAM KABEL SAKLAR OLD VIXION

Cara baca diagram :
  • Pada diagram pertama adalah posisi kabel di soket kabel body yang tidak boleh dirubah posisi kabelnya(didiamkan)
  • Pada diagram kedua adalah posisi kabel di saklar old vixion, yang kabelnya setelah dilepas pada langkah awal diatas selanjutnya dipasang menyesuaikan warna kabel di soket kabel body(diagram pertama).
Pada kedua diagram diatas ada nomor 1 sampai 8,itu adalah warna kode kabel dan kode warnanya ada dibawah diagram masing2.
Dan ada huruf A sampai G,itu adalah kode penempatan kabel,Misalnya kabel A di saklar old vixion harus dipasang ketemu kabel A di soket kabel body NVL,cara bacanya sebagai berikut :
Kabel di soket saklar old vixion Kabel di soket body NVL
  • Kabel 3-A (warna coklat tua) ketemu kabel 1-A (coklat tua)
  • Kabel 1-B(hijau tua) ketemu kabel 2-B (hijau-tua)
  • Kabel 8-C(Hitam) ketemu kabel 3-C (hitam)
  • Kabel 4-F(Biru) ketemu kabel 4-F (Kuning-merah)
  • Kabel 7-E (Merah-hitam) ketemu kabel 5-E (Merah-hitam)
  • Kabel 5-D (coklat muda) ketemu kabel 6-D (Kuning polos)
  • Kabel 2-H (Coklat-putih) ketemu kabel 7-H (Coklat-putih)
  • Kabel 6G (pink) ketemu kabel 8-G (Pink)
Lihat videonya lagi biar jelas,

Setelah kedua soket sudah selesai dirakit hasilnya seperti ini :
saklar old vixion di nvl


saklar old vixion di nvl


Kedua soket sudah terpasang,masih ada langkah terakhir,di soket bohlamada 3 kabel yang tersisa yaitu 2pcs warna hitam dan 1 warna kuning,lihat gambar :
saklar old vixion di nvl

Pada gambar diatas kabel warna hitam dari jalur soket dibiarkan saja karena tidak berfungsi,agar aman kabel hitam tersebut dibungkus isolasi begitu juga yang warna kuning dibungkus isolasi juga.
Cara mematikan AHO NVL,Pasang Saklar Old Vixion Di NVL


Masih ada 1 kabel warna hitam dari soket/rumah bohlam,kabel tersebut harus disambungkan ke massa motor,cari kabel untuk menyambung ke massa motor,massa motor bisa didapatkan dari kabel warna hitam diarea soket2 kabel disekitar batok lampu (semua kabel warna hitam adalah massa motor).Untuk menyambungkan kabel tersebut bisa memanfaatkan saklar nvl yang telah nganggur dengan cara sebagai berikut :
Potong kabel warna kuning ada di soket/dudukan bohlam,kemudian ujungnya dimasukkan ke kabel warna hitam yang akan disambungkan ke massa motor,lihat gambar :
Cara mematikan AHO NVL,Pasang Saklar Old Vixion Di NVL


Cara mematikan AHO NVL,Pasang Saklar Old Vixion Di NVL


Cara mematikan AHO NVL,Pasang Saklar Old Vixion Di NVL


dan hasilnya seperti pada gambar dibawah :
Cara mematikan AHO NVL,Pasang Saklar Old Vixion Di NVL


Setelah kabel warna kuning sudah dipotong ,langkah selanjutnya ujung dari kabel kuning dikelupas sepanjang sekitar 1,5cm untuk disambungkan ke massa motor,caranya cari kabel warna hitam kemudian disambungkan/dijamper ke kabel massa itu,kalo kang ari ujung kabel kuning dimasukkan ke soket yang kabelnya warna hitam atau kang bro cari cara sendiri yang penting kabel tersebut bisa disambung ke massa.lihat gambar :
Cara mematikan AHO NVL,Pasang Saklar Old Vixion Di NVL Cara mematikan AHO NVL,Pasang Saklar Old Vixion Di NVL

Jika sudah selesai,jangan lupa soket yang ada tepat dibawah saklar kiri dimasukkan ke switch kopling,agar saat motor mati/berhenti saat motor masuk gigi maka motor bisa dihidupkan tanpa gigi di netralin dulu.
Cara seperti ini aman karena tidak pemotongan kabel di kabel body dan saklar,jika mau kembalikan ke AHO tinggal PNP saja.Hanya saja cara seperti ada kekurangannya :

1.Lampu senja /kecil tetap nyala

Cara mematikan AHO NVL,Pasang Saklar Old Vixion Di NVL

2.indikator lampu jauh/lampu tembak di speedometer nyala terus.

Silahkan mencoba ,semoga bermanfaat Cara mematikan AHO NVL,Pasang Saklar Old Vixion Di NVL.

Berikut di atas adalah repost dari halaman asli ariblogmotor.wordpress.com


Bila ada pertanyaan kritik dan saran, silahkan tulis pada kolom komentar..

Cara mematikan AHO NVL,Pasang Saklar Old Vixion Di NVL

Kamu sedang membaca Artikel tentang Cara mematikan AHO NVL,Pasang Saklar Old Vixion Di NVL Silahkan baca artikel Modifikasi Fairing Motor Tentang artikel modifikasi, upgrade mesin, speed dan yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste jika Artikel ini sangat bermanfaat menurutmu, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link http://iotomotifinfo.blogspot.com/2013/06/repost-cara-mematikan-aho-nvlpasang.html Sebagai sumbernya

1 komentar:

  1. Bagi sobat yg mau ganti Switch New Vixion dg Switch Old Vixion alias MATIIN AHO NEW VIXION berikut tuntunan yg bisa coba

    Tanpa Solder, tanpa potong kabel dan semuaaaaaaaaa lampu dan indikator berfungsi sempurna

    http://ariblogmotor.wordpress.com/2013/06/21/matiin-aho-nvlpasang-saklar-old-vixion-di-nvl/comment-page-1/#comment-6447

    ikuti sampai langkah menukar nukar posisi kabel pada Switch Old Vixion yg hendak dipasang di New Vixion.

    berikutnya lakukan langkah berikut :

    1. Hubungkan kabel hitam ke Massa/Ground …. (ada dua kabel ground pada Switch Old Vixion, satu yg menjuntai pada sisi Main Switch dan satu lagi yg menjuntai pada sisi Socket 6 kaki) manfaatkan kabel hitam yang menjuntai dari sisi Socket 6 kaki, Hubungkan kabel ini dengan socket kaki 6 berisi kabel hitam.

    2. Cabut kabel Body Merah/Kuning dari Socket 6 kaki dan sambungkan dengan Socket kabel kuning HeadLamp.

    3. Cabut Kabel Body warna Biru yg ke arah Lampu Senja

    4. Cabut Kabel Body warna Biru (di ekor New Vixi) yang ke arah lampu belakang

    5. Slot Socket kosong pada socket kaki 6 bekas kabel body Merah/kuning pasangkan dengan kabel baru (rekomendasi kabel warna biru biar sama dengan kabel yg masuk dari Main Switch Old Vixion) sambungkan ke Slot Socket bekas kabel Biru yg ke arah lampu senja yg tadi dicopot.

    6. Dari Socket kabel biru yg barusan dipasang ke arah lampu senja sambungkan kabel baru (rekomendasi pasang kabel biru juga biar konsisten) pasang mengikuti instalasi kabel body Vixi sampai ekor vixi dan sambungkan dengan slot socket kosong bekas kabel body biru yang tadi di copot …..

    7. tutup semua kabel yang tidak terpakai dengan isolasi (yakni kabel hitam (ground) dari Headlamp, Kabel Biru bekas Lampu senja, dan kabel biru bekas lampu belakang).

    8. Pasangkan socket – socket di batok new vixi………pasang kembali batok nya si New Vixi……………

    9. Nyalakan Mesin ……… dan Cek semua instrumen Switch New Vixion Anda….. dijamin semuanya berfungsi dengan baik…….. dan si AHO praktis seketika Almarhum……..

    Saya sudah berhasil……….
    semua fungsi dari Main Swutch Old Vixion yang di pasang di New Vixion berfungsi dengan baik dari mulai lampu depan sampai lampu belakang termasuk semua indikator-indikator di Speedo meter New Vixion saya berfungsi dgn sempurna…………

    Silahkan Mencoba ……..

    atau masuk ke situs saya
    http://mypcollection.blogspot.com/p/mematikan-aho-new-vixion.html

    Salam

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi. Modifikasi-id berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan.